Viral Baliho soal Liburan Aman di Solo, Gibran: Bukan karena Ada klitih di Yogya

LIMAPAGI - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengakui, pihaknya memasang baliho bertuliskan "Liburan Aman? Ke Solo Saja" di wilayah Yogyakarta. Namun, pemasangan baliho itu semata-mata upaya mendongkrak sektor pariwisata di Solo.

Gibran menepis anggapan pemasangan baliho tersebut memanfaatkan fenomena klitih atau kejahatan jalanan yang kerap terjadi di Yogyakarta.

"Bukan karena ada klitih terus aku masang," kata Gibran, seperti dilansir Limapagi dari Antara, Senin, 3 Januari 2022.

Baca Juga: Tiga Bocah Klitih Boyolali yang Ditangkap di Yogyakarta Jadi Tersangka

Gibran pun memastikan, Solo memang aman untuk dikunjungi para wisatawan. Dirinya juga akan terus mempromosikan Solo sebagai tujuan destinasi wisata yang aman melalui berbagai cara, termasuk melalui sosial media.

Putra Presiden Joko Widodo ini mengaku, selain gencar memanfaatkan media sosial, upaya lain dalam mempromosikan pariwisata di Solo juga dilakukan dengan menggandeng Pemerintah Kota Yogyakarta.

"Follow-up ada beberapa event yang diselenggarakan bersama. Kemarin saya juga mengusulkan branding di stasiun, soalnya KRL kita (Solo-Yogyakarta) kan ramai. Sudah saya bilang juga ke Pak Wali Kota Yogyakarta," katanya.

Tak sampai di situ, Gibran Rakabuming juga melakukan promosi silang dengan memanfaatkan infrastruktur yang ada. Contohnya mempromosikan destinasi wisata yang ada di Solo dengan memasang iklan di Stasiun Yogyakarta dan sebaliknya.

"Begitu juga di Stasiun Solobalapan juga ada tentang wisata Jogja," imbuhnya.

Sebelumnya, foto baliho yang jadi pembicaraan di media sosial itu diunggah di akun Twitter @sinemasisifus pada 31 Desember 2021 sekitar pukul 14.30 WIB. Akun tersebut menuliskan keterangan "Jogja: darurat klitih, Jogja tidak aman. Solo: pasang baliho di Jogja".

Postingan itu pun menarik perhatian warganet. Ada pro dan kontra sehingga membuat unggahan tersebut viral di media sosial.

KABAR LAINNYA