70 Persen Permukaan Bumi Tertutupi dengan Air

LIMAPAGI - Planet Bumi adalah planet berbatu, memiliki permukaan yang padat, aktif dengan gunung, lembah, ngarai, dataran dan banyak lagi.

Bumi merupakan planet istimewa karena Bumi merupakan planet samudra. Bumi memiliki air yang menutupi 70% permukaan planet.

Baca Juga: Neptunus, Planet Terjauh di Sistem Tata Surya

Bumi, planet asal kita adalah planet ketiga dari Matahari, dan satu-satunya tempat yang kita ketahui sejauh ini yang dihuni oleh makhluk hidup.

Bumi planet terbesar kelima di tata surya dan planet ini adalah satu-satunya di tata surya dengan air cair di permukaan.

Bumi hanya sedikit lebih besar dari Venus dan planet yang terbesar dari empat planet yang paling dekat dengan Matahari yang semuanya terbuat dari batu dan logam.

Banyak pesawat ruang angkasa yang mengorbit mempelajari Bumi dari atas sebagai satu kesatuan sistem, dengan mengamati atmosfer, lautan, gletser, dan Bumi yang padat.

Atmosfer Bumi melindungi makhluk hidup dari meteoroid yang masuk, yang sebagian besar pecah di atmosfer kita sebelum mereka bisa mencapai permukaan Bumi.
Atmosfer ini terdiri dari 78 persen nitrogen, 21 persen oksigen, dan 1 persen bahan lainnya, keseimbangan sempurna untuk bernapas dan hidup.

Baca Juga: Uranus, Planet Terbesar Ketiga di Sistem Tata Surya

Planet yang mengorbit Matahari ini merupakan planet ketiga dari Matahari dengan jarak yaitu sekitar 93 juta mil (150 juta km). Sehari di Bumi adalah 24 jam dan Bumi membuat orbit lengkap mengelilingi Matahari (setahun dalam waktu Bumi) dalam waktu sekitar 365 hari.

(Mutiya Rahmawati)

KABAR LAINNYA