Diperingati Setiap Tanggal 25 November, Ini Sejarah Hari Guru Nasional

LIMAPAGI - Pada tanggal 25 November setiap tahunnya, di Indonesia diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Mengutip dari website resmi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, peringatan Hari Guru Nasional di tahun 2021 mengusung tema “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”.

Tema ini diusung untuk meningkatkan semangat para tenaga kerja di tengah keadaan pandemi Covid-19. Perlu diketahui, peringatan Hari Guru Nasional bertepatan dengan tanggal berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Meskipun sudah dirayakan sejak tahun 1944, masih banyak warga Indonesia yang tidak mengetahui mengenai sejarah dari Hari Guru Nasional. Mengutip dari beberapa sumber, berikut sejarah singkat mengenai Hari Guru Nasional.

Baca juga : Peringati Hari Guru, Google Doodle Tampilkan Lebah Warna-warni

Sejarah singkat Hari Guru Nasional

Peringatan Hari Guru Nasional awalnya bermula ketika para guru di masa kolonial Belanda membentuk organisasi guru pribumi pada tahun 1912 yang bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB). Komunitas PGHB terdiri dari deretan guru, kepala sekolah, dan pemilik sekolah pribumi di masa kolonial Belanda.

Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) dibentuk untuk memperjuangkan perbedaan status, pangkat dan latar belakang dari setiap anggotanya. Kemudian pada tahun 1932, Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) berubah nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI).

Hingga akhirnya di tahun yang sama dengan Kemerdekaan Indonesia, Persatuan Guru Indonesia menggelar Kongres Guru Indonesia pada tanggal 24-25 November 1945 di Solo.

Pada tanggal yang sama dengan kongres yaitu 25 November 1945, ditetapkan pula sebagai hari lahirnya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Baca juga : Anies di Hari Guru Nasional 2021: Peran Guru Tak Bisa Diganti Teknologi

Sebagai penghormatan kepada seluruh guru di Indonesia, Pemerintah Republik Indonesia menetapkan hari lahir PGRI pada tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional melalui Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.

Sejak 1994, Hari Guru Nasional diperingati seluruh masyarakat Indonesia pada tanggal 25 November setiap tahunnya.

Gea Yustika
Gea Yustika

Gea yustika is a reporter Lifestyle Channel at Limapagi, focusing on Fashion and Beauty.

Education: Major of Communication Studies at Sultan Ageng Tirtayasa University.

She has experience in the media industry. Started from being a content writer and a journalist. Not only focusing on Lifestyle or content writing, but she also has experience in data journalism.

She started her career as a content writer Lifestyle Channel at Kumparan. She also had a career at Tempo.co and Journocoders Indonesia.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post