3 Aplikasi untuk Cek Kondisi Gempa Bumi

LIMAPAGI - Gempa Bumi bermagnitudo 6,7 berpusat di Banten terjadi Jumat sore (14/1/2022). Guncangan bencana ini hingga terasa di sejumlah wilayah, yakni Jakarta, Bogor, Tangerang, hingga Bekasi.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) gempa terjadi sekitar pukul 16.05 WIB. Untungnya, gempa ini dikonfirmasi tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga: Tingkatkan Privasi, WhatsApp Cegah Orang Asing Melihat Status Last Seen

Masyarakat harus memiliki kewaspadaan terhadap gempa. Sebab, hal tersebut bisa meminimalisir dampak bencana kepada diri sendiri maupun orang di sekitar.

Untuk itu, berikut rekomendasi aplikasi untuk cek informasi gempa yang sudah Limapagi.id rangkum dari berbagai sumber.

Info BMKG
Info BMKG merupakan aplikasi resmi dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG). Aplikasi ini memiliki beberapa fitur penting, seperti notifikasi gempa bumi, peringatan cuaca dini, dan info aktual seputar BMKG.

Menariknya, Info BMKG juga dilengkapi dengan informasi jarak epicentrum gempa Bumi ke lokasi pengguna. Informasi jarak epicentrum akan muncul ketika ada gempa Bumi lebih dari 5 skala richter terjadi di Tanah Air.

Earthquake Alert
Aplikasi ini berisi berbagai informasi seputar gempa. Pengguna bisa mengecek kondisi dan jumlah gempa yang terjadi di seluruh dunia melalui map yang ada.

Terdapat juga linimasa yang memuat berbagai berita mengenai gempa Bumi.

Baca Juga: Instagram Uji Coba Mekanisme Swipe Up Stories Mirip TikTok

My Earthquake Alerts Feed
My Earthquake Alerts Feed merupakan aplikasi pemantauan gempa. Terdapat banyak fitur di dalamnya, yang dapat mendeteksi gempa Bumi di seluruh dunia.

Aplikasi ini disajikan sederhana sehingga pengguna dapat mengaksesnya dengan mudah. Uniknya, My Earthquake Alerts Feed juga memuat informasi riwayat gempa sejak 1970.

KABAR LAINNYA