3 Dosis Vaksin BioNTech atau Pfizer Diklaim Efektif Atasi Varian Omicron

LIMAPAGI - Varian Omicron dapat ditaklukan dengan vaksin BioNTech atau Pfizer. Hal itu diklaim produsen dua vaksin tersebut berdasarkan hasil uji laboratorium terbaru.

Hasil penelitian itu diumumkan pada Rabu, 8 Desember 2021. Disebutkan, varian Omicron dapat dinetralkan dengan tiga dosis vaksin BioNTech atau Pfizer.

Melansir laman Channel News Asia, produsen vaksin itu juga dapat menjanjikan vaksin berbasis varian Omicron pada Maret 2022 jika diperlukan.

Baca Juga: Jerman Catat Kematian Covid-19 Tertinggi Sejak Februari, 527 Meninggal

Dalam pernyataan resminya, produsen vaksin BioNTech dan Pfizer menyebutkan, dua dosis vaksin mereka dapat menghasilkan antibodi penetralisir varian Omicron yang secara signifikan lebih rendah. Namun, ketika dosis ketiga vaksin mereka disuntikkan meningkatkan antibodi penetral dengan faktor 25.

Sampel darah yang diperoleh dari orang-orang yang mendapat dosis ketiga vaksin mereka diuji pada November 2021. Hasilnya diklaim dapat menetralkan varian Omicron.

Bahkan, diklaim BioNTech dan Pfizer sama efektifnya dengan sampel darah hasil suntikan dua dosis vaksin melawan virus asli yang pertama kali ditemukan di China.

Baca Juga: Omicron Sudah Ada di 45 Negara, Bagaimana Indonesia Mengantisipasinya?

Meskipun kebutuhannya masih belum jelas, produsen vaksin BioNTech dan Pfizer mengatakan, akan meneruskan upaya mereka membuat vaksin Covid-19 berbasis varian Omicron kemudian dipasarkan.

Temuan ini sejalan dengan hasil studi pendahuluan yang diterbitkan para peneliti Africa Health Research Institute di Afrika Selatan pada Selasa, 6 Desember 2021.

Penelitian tersebut menghasilkan, dua dosis vaksin BioNTech atau Pfizer diklaim dapat memberikan perlindungan terhadap varian Omicron. Sementara suntikan dosis ketiga BioNTech atau Pfizer berpotensi mencegah infeksi yang disebabkan oleh varian tersebut.

Namun, hasil itu tak sama dengan studi analisis laboratorium di rumah sakit Universitas Frankfurt Jerman belum lama ini. Studi itu menghasilkan temuan, respons antibodi orang yang telah mendapat dosis kedua vaksin berkurang ketika dihadapkan dengan varian Omicron. Bahkan setelah mendapat suntikan dosis ketiga vaksin Covid-19.

KABAR LAINNYA