BMKG Peringatkan Gelombang Tinggi 4-6 Meter di Indonesia pada Akhir 2021

LIMAPAGI - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi potensi gelombang setinggi 4-6 meter di sejumlah wilayah di Indonesia pada kurun waktu 8-10 Desember 2021.

Menurut Ketua BMKG Dwikorita Karnawati, potensi cuaca ekstrem itu dipengaruhi oleh beberapa kondisi. Utamanya disebabkan muson Asia yang berakibat curah hujan yang semakin meningkat.

"Diperparah dengan adanya pola sirkulasi siklonik dan seruakan dingin yang aktif di Laut China Selatan, yang memberikan dampak signifikan pada peningkatan tinggi gelombang, dapat mencapai 4 sampai 6 meter di wilayah perairan Natuna," kata Dwikorita dalam konferensi pers virtual di kanal YouTube BMKG, Rabu, 8 Desember 2021.

Baca Juga: BMKG Pasang Dashboard Khusus Prediksi Sebaran Abu Vulkanik dan Cuaca Semeru

Dwikorita melanjutkan, terdapat juga kondisi kecepatan angin yang signifikan 25-30 knot/jam yang terpantau di Samudera Pasifik Timur Filipina. Akibatnya menimbulkan peningkatan tinggi gelombang mencapai 4-6 meter di Indonesia bagian timur, misalnya di utara Papua, baik utara Papua, atau Papua Barat.

Baca Juga: BMKG Ingatkan Potensi Banjir Rob di Jakarta Utara Hingga 9 Desember

Di saat yang bersamaan, lanjut Dwikorita, terjadi fase bulan baru dan keadaan Parigi. Adapun Parigi adalah kondisi ketika bulan berada dalam posisi jarak terdekat dengan planet Bumi.

Saat fase dan kedudukan bumi tersebut, gravitasi bulan terhadap permukaan air di samudra memicu potensi peningkatan ketinggian air laut sehingga muncul pasang air laut maksimum. "Berpotensi besar mengakibatkan banjir pesisir atau rob,” tandasnya.

KABAR LAINNYA