Demo Buruh Sempat Bikin Macet, Kawasan Patung Kuda dan Sekitarnya Kembali Normal

LIMAPAGI - Arus lalu lintas di kawasan Monas kembali lancar setelah sempat tersendat imbas massa aksi buruh demo yang memprotes kenaikan upah minimun (UMP) 2022 Jakarta, Kamis, 25 November 2021.

Berdasarkan pantauan Limapagi, jalan sekitaran Patung Kuda depan Istana kembali normal cenderung lengang. Kawat berduri yang sempat dipasang melintang di jalan sebagai penghalau massa aksi sudah dilepas.

Kendati buruh sudah bubar, polisi yang mengawal jalannya aksi masih berada di sekitaran Monas pada 15.00.

Sebelum lenggang, aksi unjuk rasa buruh sempat membuat kemacetan. Pantauan Limapagi, kemacetan terjadi mulai dari lapangan Banteng sampai dengan Stasiun Gambir.

Baca Juga: Kapolda Metro Jaya Kendarai Kuda saat Hampiri Buruh Demo UMP 2022

Kawasan Istiqlal pun macet total dan mengular hingga Jalan Veteran, imbas dari aksi demo buruh yang protes kenaikan UMP 2022.

View this post on Instagram

A post shared by Limapagi (@limapagi.ig)

Buruh yang merupakan gabungan dari berbagai elemen, di antaranya Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Andi Gani (KSPSI AGN) Federasi Serikat Pekerja Indonesia, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia, dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menggelar demo di dua titik Jakarta.

Salah satu alasan demo, yaitu tidak setuju dengan kenaikan UMP Jakarta yang diklaim sangat kecil. Naik Rp37.749 UMP 2022 di Jakarta menjadi Rp4.452.724 dari semula Rp4.416.186.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post