Begini Kondisi 12 Desa Wisata di Lereng Gunung Semeru usai Terkena Erupsi

LIMAPAGI - Gunung Semeru mengalami erupsi pada Sabtu, 4 Desember 2021. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan telah menerjunkan tim manajemen krisis untuk mengidentifikasi dampak atas terjadinya bencana terjadap masyarakat serta ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif di sekitar lokasi bencana.

Dalam Weekly Press Briefing, Sandiaga juga memaparkan mengenai kondisi dari 12 desa wisata yang berada di sekitar Gunung Semeru. Salah satunya adalah Ranu Pani. Menurut Sandiaga, desa wisata tersebut dalam kondisi aman dengan debu tipis ringan.

Baca Juga: 5 Fakta Jembatan Gladak Perak yang Putus akibat Erupsi Gunung Semeru

Tak hanya Ranu Pani, Desa Wisata Senduro dan Desa Siti Sundari juga terpantau aman dengan debu tipis ringan.

“Baru saja kami berkunjung ke desa wisata Ranu Pani, itu juga ada di lereng Semeru. Tapi Alhamdulillah berdasarkan laporan kepala desa, Ranu Pani tidak termasuk daerah yang terdampak,” kata Sandiaga Uno dalam acara Weekly Press Briefing, Senin, 6 Desember 2021.

Lalu, Sandiaga juga menyebut Desa Wisata Hutan Bambu dengan daya tarik Hutan Bambu, Pemandian Alam Hutan Bambu, dan Taman Bunga You And I. Desa wisata tersebut tertutup debu vulkanik dan kerusakannya masih diidentifikasi.

Selanjutnya, ada Desa Wisata Tirtosari View dengan daya tarik De Kalipo Cafe. Kondisi desa wisata ini mengalami kerusakan akses jalan berdebu vulkanik dan tak adanya korban jiwa.

Untuk Desa Wisata Gunung Wayang dengan daya tarik Gunung Wayang, akses jalan mengalami penebalan dengan debu vulkanik dan atraksi rusak di tempat take off dan landing paralayang.

Baca Juga: Tinjau Korban Erupsi Gunung Semeru Hari Ini, Jokowi Bakal Seharian di Lumajang

Lalu, ada Desa Wisata Pronojiwo yang mengalami akses jembatan penghubung Lumayang-Pronojiwo terputus dan kondisi jalan berdebu ringan.

Sementara, lima desa wisata lainnya yakni Desa Wisata Sumbermujur, Desa Wisata Penanggal, Desa Wisata Sumberwuluh, Desa Wisata Supit Urang, dan Desa Wisata Oro Oro Ombo, dilaporkan terdapat korban yang masih diidentifikasi.

“Ini sedang kami terus identifikasi. Diperlukan dukungan semua pihak untuk bergandeng tangan serta gorong-royong dalam percepatan pemulihan dampak dari erupsi Gunung Semeru,” tutup Sandiaga.

Sara Agustriana
Sara Agustriana

Reporter for the Lifestyle Channel at Limapagi.id

Sara focuses about travel dan food.

KABAR LAINNYA