Tina Nur Alam Kesampingkan Kepentingan Pribadi demi Rakyat

LIMAPAGI - Dra. Hj. Tina Asnawati, M.M. mendapatkan amanah dari masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia periode 2019-2024.

Dia menjadi satu-satunya perempuan yang menjadi perwakilan rakyat Sultra di kursi parlemen.

Tina Nur Alam saat ini duduk di Komisi X DPR RI. Kesempatan ini kali kedua untuknya setelah pada pemilu 2014 juga memenangi suara rakyat dari dapil Sultra.

Baca Juga: Tina Nur Alam: Orang yang Berintegritas Selalu Terlihat Berbeda

Torehan gemilang ini tak diraih dengan mudah oleh politisi dari Partai NasDem tersebut. Tina Nur Alam banyak belajar kepada orang-orang yang sudah lebih berpengalaman di dunia politik, termasuk sang suami, H Nur Alam SE, yang notabene adalah mantan Gubernur Sultra.

Saat ikut kontestasi politik di DPR RI, Tina Nur Alam juga banyak turun ke daerah-daerah untuk mempelajari dan mengetahui masalah-masalah di masyarakat.

Melalui medan yang sulit, berpindah dari satu pulau ke pulau lain, itu menjadi tantangan tersendiri.

"Perlu diketahui struktur wilayah Sulawesi Tenggara terdiri dari daratan dan kepulauan. Sehingga untuk menjangkau semua daerah membutuhkan energi yang lebih," katanya, dalam sebuah wawancara, beberapa waktu lalu.

"Bahkan saya pernah mengunjungi daerah terpencil di salah satu kabupaten dengan menyeberangi lautan menggunakan perahu yang kecil."

"Bagi saya, itu perjuangan yang tidak mudah, butuh adrenalin yang lebih," lanjut ibunda dari Sitya Giona Nur Alam, Radhan Al Gindo Nur Alam, dan Enozha Genastry Nur Alam tersebut.

Perjuangan lainnya adalah komitmen untuk merelakan kepentingan pribadi. Alumni Universitas Halu Oleo Kendari itu lebih menomorsatukan semangat untuk berkontribusi bagi daerah dan juga bangsa.

Tak pelak, hal itu membuat kebersamaan Tina Nur Alam dengan keluarga menjadi berkurang. Namun, itu tak menghalanginya untuk berkontribusi lebih bagi masyarakat, khususnya rakyat Sultra.

Tina Nur Alam mengatakan, politik adalah jalur untuk mengabdikan diri untuk rakyat.

Wirawan Kusuma
Wirawan Kusuma

Muhammad wirawan kusuma is the managing editor at limapagi.id

Educational background: Bachelor of Communication Science at IISIP Jakarta.

He has been a reporter and editor in a number of media, and he has worked in several major media such as Kompas.com, Sindonews.com, Viva.co.id and Bola.com.

Previously, he also worked as a content curator at BBM.

KABAR LAINNYA