Belajar dari Kasus Rachel Vennya, Begini Aturan Kedatangan WNI dari Luar Negeri

LIMAPAGI - Baru-baru ini, selebgram ternama Rachel Vennya menjadi perbincangan hangat di media sosial. Hal tersebut dikarenakan dirinya yang melanggar aturan karantina sepulangnya dari Amerika Serikat, yakni dari total karantina delapan hari, Rachel hanya menjalankan tiga hari saja.

Kejadin ini tentunya menjadi pertanyaan banyak orang, sebenarnya bagaimana peraturan bagi warga negara Indonesia sehabis pulang dari luar negari?

Baca Juga: Bukan Cuma Dihukum, Kata Menkes Rachel Vennya Harus Karantina Ulang

Dirangkum dari laman Sekertariat Kabinet, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti protokol kesehatan bagi WNI (Warga Negara Indonesia) atau WNA (Warga Negara Asing).

Protokol kesehatan

Protokol kesehatan bagi WNI dan WNA untuk masuk ke Indonesia, baik secara langsung maupun transit di negara asing, harus menunjukkan hasil negatif PCR di negara asal yang sampelnya diambil maksimal 72 jam sebelum keberangkatan. Selain itu, juga harus menginstal aplikasi PeduliLindungi di smartphone.

1. Bukti vaksinasi

Bagi WNI harus menunjukkan kartu atau sertifikat (fisik atau digital) telah menerima vaksin Covid-19 dosis lengkap. Bagi WNI yang belum mendapat vaksin di luar negeri maka akan divaksin setelah tiba di Indonesia, setelah selesai karantina dan dilakukan cek PCR kedua.

2. PCR ulang

Bagi WNA maupun WNI yang akan masuk ke Indonesia sesuai Addendum Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 8 Tahun 2021, akan dilakukan tes RT-PCR sebanyak 3 (tiga) kali:

- 72 jam sebelum keberangkatan

- 24 jam setelah tiba di Indonesia

- 5 hari setelah tiba atau isolasi di hotel

Baca Juga: Anggota TNI yang Bantu Rachel Vennya Kabur Saat Karantina Dinonaktifkan

3. Ketentuan karantina

WNI pelaku perjalanan internasional wajib melakukan karantina dengan ketentuan karantina dengan jangka waktu 5 x 24 jam dari negara asal dengan eskalasi kasus positifnya rendah dan karantina dengan jangka waktu 14 x 24 jam dari negara asal dengan eskalasi kasus positifnya tinggi.

Jadi, dapat disimpulkan WNI yang baru pulang dari luar negeri harus mengikuti peraturan yang ada, dan menjalani karantina selama 5 Hari.

Afrizal Abdul
Afrizal Abdul

Reporter who focuses on lifestyle, is more in-depth about health, travel and parenting.

Education: State Polytechnic of Creative Media Jakarta, Diploma in Communication Studies.

First plunged into the media industry focused on lifestyle for two years, and has a strong network of relationships. Either with doctors, psychologists or influencers.

He has experience as an intern at DepokPos, by writing on various issues, from travel, culinary to sports. Furthermore, working experience at Akurat.co as a lifestyle reporter.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post