Gempa M 6,7 Banten, Gubernur: 4 Rumah Rusak, 1 Sekolah di Cibariung Ambruk

LIMAPAGI - Sedikitnya 4 unit rumah rusak dan 1 bangunan sekolah ambruk di Cibariung, Pandeglang, Banten. Kerusakan itu ditimbulkan akibat gempa pada Jumat sore, 14 Januari 2022.

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 6,7 yang berpusat di 52 kilometer Barat Daya, Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten tersebut, juga menyebabkan tempat peribadatan rusak.

"Dapat info ada 4 rumah rusak, 1 madrasah Cibariung rusak parah rubuh, dan 1 masjid retak," kata Gubernur Banten Wahidin Halim dalam keterangan tertulis, Jumat 14 Januari 2022.

Baca Juga:

Merespons gempa ini, Wahidin mengaku telah menjalin komunikasi dengan pemerintah setempat. Tim juga dikerahkan untuk mendata dampak kerusakan.

Menurut Wahidin, tim akan menginventarisasi data-data di lapangan. Termasuk jumlah korban jiwa di tiap desa dan kecamatan yang berada di wilayah terdampak gempa parah.

"Tim sudah ke sana, kita sudah menghubungi pemerintah setempat," ujar Wahidin.

Gempa berkekuatan M 6,7 menggoyang Kecamatan Sumur pukul 16.05 WIB, Jumat, 14 Januari 2022.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa yang dirasakan hingga Jakarta, Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi ini tidak memicu tsunami. Namun, meminta warga waspada terhadap gempa susulan.

KABAR LAINNYA