Wajib Tahu, Ini 3 Tips Tetap Aman saat Terjadi Gempa

LIMAPAGI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengonfirmasi aktivitas gempa sore ini. Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 6,7 dan dirasakan di beberapa wilayah Jabodetabek.

Ketika gempa terjadi, kamu tak disarankan untuk panik. Lantas apa saja yang harus dilakukan agar tetap aman saat terjadi gempa? Berikut tipsnya seperti dirangkum Limapagi.id dari laman Lifesecure, Jumat, 14 Januari 2022.

Baca Juga: Gempa M 6,7 Banten, Gubernur: 4 Rumah Rusak, 1 Sekolah di Cibariung Ambruk

1. Jangan panik, miliki rencana!

Saat terjadi gempa, pastikan setiap orang tahu apa yang harus dilakukan dan ke mana harus pergi segera.

Tentukan titik pertemuan untuk keluarga kamu setelah gempa. Selain itu, pastikan kamu memiliki alat pemadam kebakaran di rumah yang ditempatkan di lokasi yang mudah dijangkau.

2. Pilih lokasi yang aman

Pilih lokasi yang aman dari gempa di setiap ruangan di rumah, kantor, sekolah, atau tempat yang biasa kamu kunjungi.

Lokasi aman gempa yaitu jauh dari jendela atau perabotan yang bisa membahayakan diri, atau pergi ke lapangan luas di sekitar rumah.

Baca Juga: Earthquake Sickness, Rasa Pusing yang Dialami usai Gempa Terjadi

3. Berlindung di tempat aman

Cara berlindung ketika gempa agar tetap aman yaitu dengan jatuhkan lutut ke lantai. Lalu, tutupi kepala dan leher untuk melindungi kamu dari puing-puing yang berjatuhan.

Jika memungkinkan, pergilah ke dinding dekat pusat bangunan atau rumah tempat kamu berada, berlindung di ambang pintu, atau merangkak di bawah perabot berat, seperti meja.

Afrizal Abdul
Afrizal Abdul

Reporter who focuses on lifestyle, is more in-depth about health, travel and parenting.

Education: State Polytechnic of Creative Media Jakarta, Diploma in Communication Studies.

First plunged into the media industry focused on lifestyle for two years, and has a strong network of relationships. Either with doctors, psychologists or influencers.

He has experience as an intern at DepokPos, by writing on various issues, from travel, culinary to sports. Furthermore, working experience at Akurat.co as a lifestyle reporter.

KABAR LAINNYA