Dinkes DKI Jakarta Telusuri Covid-19 Varian Omicron, Ini Hasilnya

LIMAPAGI - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta bergerak cepat dalam menanggapi kabar warga ibu kota terpapar Covid-19 varian Omicron.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria memerintahkan pihak Dinkes untuk menelusuri kebenaran berita tersebut. Dia juga menegaskan, hasilnya akan disampaikan ke publik.

Setelah melakukan penelusuran, Dinkes DKI Jakarta belum menemukan varian B.1.1.529. Itu berdasarkan hasil klarifikasi terakhir ke Litbangkes Kementerian Kesehatan pada Rabu, 8 Desember 2021, sekitar pukul 14.30 WIB.

Baca Juga: Cegah Omicron, Puan Maharani Larang Anggota DPR Pergi ke Luar Negeri

Kepala Dinkes DKI, Widyastuti mengatakan, setidaknya sudah 2.500 spesimen yang diperiksa. Sebanyak 40 persen di antaranya adalah "varian of concern", demikian yang dilansir dari Antara.

Dia menambahkan, setelah dilakukan pemeriksaan secara periodik, sejauh tidak ditemukan varian Omicron di Jakarta.

"Karena itu, atas beredarnya informasi di media sosial dan media massa bahwa ditemukan empat kasus varian baru virus corona B.1.1.529 atau Omicron berdomisili di DKI Jakarta, Pemprov DKI menyatakan informasi tersebut tidak benar dan dapat dikatakan hoaks," ujar Widyastuti.

Seperti diberitakan sebelumnya, media sosial dibuat heboh dengan kabar ditemukannya Covid-19 varian Omicron di Bekasi. Ada empat orang yang dinyatakan terpapar setelah menjalani perjalanan luar negeri.

Namun, kabar ini langsung dibantah sejumlah pihak berwenang. Pihak Istana pun menyebut kabar yang beredar adalah informasi tak berdasar tanpa bukti.

KABAR LAINNYA