Kapolda Metro Jaya Kendarai Kuda saat Hampiri Buruh Demo UMP 2022

LIMAPAGI - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Fadil Imran menyapa buruh yang berunjuk rasa di kawasan Bundaran Patung Kuda, Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis, 25 November 2021.

Tapi, ada yang berbeda saat ia menyapa massa buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan aliansi buruh lain. Kapolda Metro Jaya mengendarai kuda jenis Warmblood bernama Ferdinand.

"Saya mencoba menunggangi kuda. Kapan-kapan saya naik kuda lagi," kata Fadil di Jalan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis, 25 November 2021 seperti dilansir dari Antara.

Baca Juga: Kawal Demo Buruh di 2 Titik Jakarta, 2.645 Personel Gabungan Dikerahkan

Dalam aksi demo buruh memprotes kenaikan upah minimum (UMP) itu, Polda Metro Jaya memang mengerahkan dua ekor kuda jenis Warmblood berusia 9 dan 12 tahun. Polisi menilai kuda efektif untuk mendorong massa mundur jika terjadi kerusuhan.

Bukan hanya mengendarai kuda, Kapolda Metro Jaya juga membagikan makanan ringan kepada massa buruh yang istirahat di depan Balaikota DKI Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, ia bertanya kepada buruh apakah mereka sudah mendapat vaksinasi Covid-19 atau belum.

"Gimana? semua udah dapat snack? Yang penting tetap damai ya. Sudah suntik (vaksin) belum?" katanya.

Ribuan buruh di Jakarta memang sengaja melakukan aksi unjuk rasa untuk memprotes kenaikan UMP yang diklaim sangat kecil, yaitu Rp37.749. Dengan keputusan tersebut, UMP 2022 di Jakarta menjadi Rp4.452.724 dari semula Rp4.416.186.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post