Selain Tim Piala Thomas, Menpora Juga Beri Bonus untuk 2 Ajang Lainnya

LIMAPAGI - Zainudin Amali, Menteri Pemuda dan Olahraga RI (Menpora), memastikan bahwa pihaknya akan memberikan apresiasi kepada tim bulu tangkis putra Indonesia.

Pasalnya, tim bulu tangkis putra Indonesia berhasil memenangi Piala Thomas 2020 dengan mengalahkan China 3-0 di partai final pada Minggu, 17 Oktober 2021.

Baca juga: Menpora Pastikan Tim Thomas Indonesia Dapat Bonus

Raihan ini bukanlah prestasi biasa. Sebab, prestasi ini sekaligus menghentikan paceklik juara Piala Thomas dalam 19 tahun terakhir.

Namun, bonus apresiasi ini nantinya akan diserahkan kepada Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI). Hal ini dikarenakan Piala Thomas merupakan ajang beregu, bukan pertarungan individu.

Terkait besaran bonusnya, Zainudin tak ingin membocorkannya. Baginya, apresiasi ini adalah bentuk kepedulian Pemerintah Indonesia terhadap olahraga nasional.

"Setelah kita diskusikan, itu akan mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari pemerintah, tetapi tidak akan diberikan perorang, tetapi pertim," kata Zainudin.

"Jadi, saya berikan ke cabor (cabang olahraga). Nanti, biar cabor yang mendistribusikannya (ke pemain, pelatih, ofisial)."

Baca juga: Jokowi Apresiasi Tim Indonesia yang Juarai Piala Thomas

Di sisi lain, Zainudin juga menyebut bahwa pemberian bonus ini tidak hanya kepada ajang Piaa Thomas saja, tetapi juga kepada dua ajang lainnya.

Menurutnya, pihaknya akan menjanjikan bonus untuk Komite Paralimpiade Nasional (NPC) Indonesia yang berhasil meraih medali emas di ajang Asian Youth Para Games 2021.

Lalu, Menpora juga akan memberikan bonus kepada atlet angkat besi yang berlaga di ajang Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2021 di Uzbekistan.

"Untuk junior, NPC yang baru saja meraih beberapa emas di Bahrain. Itu juga akan diapresiasi dari pemerintah. Kita perlakukan semuanya sama," ungkap Zainudin.

"Ada juga single event angkat besi. Itu juga akan mendapat apresiasi dari pemerintah."

Sementara itu, penyerahan bonus apresiasi ini juga dibarengi dengan pemberian Satya Lencana olahraga untuk lima mantan atlet yang akan diberikan langsung oleh Joko Widodo, Presiden RI.

"Kapan diserahkan? Kita akan kumpulkan mereka semua, (bonus) itu diserahkan bersamaan dengan lima orang yang mendapat Satya Lencana dari bapak presiden," ucap Zainudin.

KABAR LAINNYA