Puji Budaya Korea Selatan Mendunia, Puan Maharani Contohkan Squid Game

LIMAPAGI - Ketua DPR Puan Maharani memuji Korea Selatan yang mengedepankan budayanya hingga dikenal dunia. Korsel disebutnya sebagai negara maju yang tidak meninggalkan jati dirinya sebagai sebuah bangsa.

Menurut mantan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ini, tidak ada negara yang maju dengan meninggalkan nilai-nilai kebangsaannya.

“Korsel bisa maju dengan mengedepankan budayanya. Mereka menyaring budaya asing dan dilarutkan dalam kebudayaannya dan di saat yang bersamaan mereka memperkuat nilai-nilai kebangsaannya,” kata Puan, dikutip dari keterangan resminya, Jumat 12 November 2021.

Baca Juga: Sutradara Resmi Umumkan Serial 'Squid Game' Bakal Dibuat Season 2

Menurut Puan, sekarang ini produk-produk budaya Korea Selatan sudah mendunia. Dia pun mencontohkan serial Korsel yang tengah populer di Netflix yaitu Squid Game.

“Siapa yang tidak tahu K-Pop? Siapa yang tidak tahu serial drama Korea? Yang terbaru ada serial berjudul Squid Game yang menjadi tren budaya populer di dunia,” ujar Puan.

Karena karya-karya budaya Korsel mendunia, maka katanya banyak warga negara lain yang tertarik belajar bahasa Korea. Tidak terkecuali orang-orang dari negara Barat dan juga Indonesia.

Baca Juga: TV Korea Siarkan Pelaksanaan CPNS ala Squid Game di Jatim, Netizen: Malu-maluin

“Padahal dulu ada anggapan bahwa orang-orang Asia kalau mau mendunia maka harus belajar bahasa dan budaya negara dari dunia Barat. Tetapi yang sekarang terjadi adalah kebalikannya malah orang Barat yang belajar bahasa-bahasa dan budaya dari Asia,” katanya.

Puan sendiri yakin Indonesia bisa menjadi negara seperti Korsel. Yakni asalkan seluruh elemen bangsa memajukan nilai-nilai bangsanya.

KABAR LAINNYA