Jokowi Tinjau Lokasi Terdampak Erupsi Semeru: Memastikan Kekuatan di Lapangan

LIMAPAGI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memantau lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru pada Selasa, 7 Desember 2021. Setelah mengunjungi posko pengungsian, Jokowi meninjau Jembatan Gladak Perak yang putus akibat dihantam lahar dingin Semeru.

Jokowi menyebut, kehadirannya di lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru untuk memastikan proses evakuasi korban dan penanganan pengungsi berjalan dengan baik.

"Pagi ini saya datang ke lokasi untuk memastikan bahwa seluruh kekuatan yang kita miliki sudah ada di lapangan untuk pencarian korban yang masih ada, kemudian (proses) evakuasi, juga penanganan pengungsi di lapangan," kata Presiden Jokowi kepada wartawan.

Baca Juga: Dokter Bedah Plastik Diterjunkan Tangani Korban Luka Bakar Gunung Semeru

"Kemudian tadi di lokasi pengungsi, saya ingin memastikan bahwa hal berkaitan dengan pengungsi bisa tertangani dengan baik. Baik itu konsumsi, kesehatan, dan air bersih," lanjutnya.

Dalam kunjungannya ini, Jokowi juga ingin melihat langsung rencana perbaikan infrastruktur yang rusak akibat letusan Gunung Semeru. Termasuk Jembatan Gladak Perak yang jadi penghubung Malang-Lumajang.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi sempat berbincang-bincang dengan ibu dan anak-anak pengungsi di kamp pengungsian. Orang nomor satu di Indonesia itu juga membagi-bagikan makanan.

"Terima kasih, Pak Jokowi," ujar para pengungsi sembari bernyanyi.

KABAR LAINNYA